Jumat, 25 Januari 2013

Analisis SWOT


1.    Kekuatan (strength)
Lingkungan internal BB Padi memiliki kemampuan yang memungkinkan dapat memanfaatkan keuntungan srategis antara lain:
1)   Letak wilayah BB Padi Sukamandi stategis, sehingga memudahkan akses jalan
2)   BB Padi memiliki sarana dan prasarana pendukung penelitian yang memadai yang meliputi laboratorium, kebun percobaan, perpustakaan, gedung, ruangan, air, listrik, jalan, dsb.
3)   Sistem menejemen produksi benih berertifikat ISO 9001:2008.
4)   BB Padi memiliki 7 laboratorium yang 3 laboratorium (Lab. Proksimat, Lab. Mutu Benih, dan Lab. Mutu Beras dan Gabah) telah terakreditasi ISO 17025:2005.
5)   Kompetensi SDM peneliti senior yang bertaraf nasional dan atau internasional.
6)   Tersedia 4 kebun percobaan, yaitu KP Sukamandi, KP Bogor, KP Pustakanegara dan KP Kuningan dengan total luas mencapai 509,26 ha.
2.    Kelemahan (Weakness)
Faktor internal BB Padi yang menghambat pencapaian visi antara lain:
1)   BB Padi tidak memiliki alat penghasil listrik sendiri sehingga apabila pasokan listrik terhenti maka sebagian proses program penelitian baik itu di lapangan maupun di laboratorium terganggu.
2)   Ketidakseimbangan beban kerja dengan jumlah tenaga kerja disebabkan BB Padi hanya menerima tenaga kerja (PNS) dari pusat.
3.    Peluang (Opportunities)
Lingkungan eksternal BB Padi yang merupakan peluang meliputi :
1)   Adanya dukungan anggaran yang cukup tinggi dari pemerintah terhadap penelitian padi.
2)   Padi merupakan komoditas utama yang strategis secara ekonomi dan politik sehingga memerlukan banyak penelitian untuk meningkatkan produksi.
4.     Ancaman (Threats)
Ancaman adalah faktor luar organisasi yang bersifat negatif, yang dapat mengakibatkan organisasi gagal dalam mencapai visi dan misinya. Ancaman BB Padi adalah perubahan iklim global mengakibatkan munculnya ledakan hama dan OPT lainnya, sehingga musim tanam dapat berubah atau bergeser.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar